Begadang atau Tidur Terlalu Larut Malam Bisa Bikin Otak Lemot

Begadang atau Tidur Terlalu Larut Malam Bisa Bikin Otak Lemot



Biasanya orang begadang dikarenakan harus mengerjakan tugas kuliah, kerjaan, atau insomnia. Tak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, ternyata begadang juga menimbulkan dampak tidak baik pada otak. Orang yang kerap begadang memiliki konektivitas otak yang lebih lambat.

Hal itu juga berdampak pada fokus yang lebih buruk. Reaksi yang lebih lambat ditambah dengan kantuk yang meningkat pada jam kerja dapat mempengaruhi hasil kerja yang tidak maksimal.

Sementara, orang yang tidur lebih awal dan bangun pagi memiliki fokus yang lebih tinggi dan lebih fokus. Maka, lebih baik sekarang hindari begadang demi menjaga kesehatan tubuh.

Orang-orang yang terjaga pada malam hari bertentangan dengan isyarat pengatur tidur yang kuat, seperti sinar matahari, dan mereka akan sering mengantuk pada saat siang hari dan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Semua masalah tidur yang terjadi, terkait dengan terganggunya irama sirkadian.

Penyesuaian ini tentu akan berpengaruh ke otak, sehingga memori atau ingatan pun akan ikut terpengaruh. Namun, hal yang lebih berperan adalah pasokan oksigen ke otak. Apabila tubuh mengalami kelelahan, suplai oksigen ke otak akan mengalami kekurangan.

Otak merupakan organ yang paling sensitif dan memerlukan oksigen dalam jumlah banyak. Apabila jumlah oksigen ke otak kurang, bisa timbul gejala seperti pusing, serta kemampuan ingatan atau memori yang menurun.



Daftar Kabar Online!

Daftarkan Email anda untuk mendapatkan Informasi Terbaru yang mungkin akan sangat berguna bagi anda!